19 April 2009

Cara membuat asap buatan untuk panggung

bisa untuk karya ilmiah remaja (KIR), gunung berapi buatan

Dalam skala kecil anda bisa membuat sendiri.

dry ice adalah karbon dioksida yang dipadatkan (CO2 padat ) sehingga apabila terkena angin maka asappun keluar,.es krim pun juga mengandund dry ice,(tidak terlalu banyak),sehinnga es krimkelihatan mengeluarkan asap.

CO2 padat itu kan suhunya rendah bgt, nah asap" yg qm liat itu sbnrnya adalah uap air yg terkondensasi krna dingin yg dihasilkan dry ice sehingga jd titik" air lg yg biasa qta sebut kabut atau istilah ilmiahnya aerosol, nah klo CO2 padat itu qta masukin ke air,maka laju penurunan suhu CO2 itu akan naik jd jauh lebih cepat dan juga akan melepaskan CO2 gas yg suhunya msih cukup rendah untuk mengkondensasikan uap air di sekitarnya, tujuan dr memasukknnya ke dalam air adalah,supaya luas bidang kontak antara uap air dengan suhu dingin menjadi lebih luas,dan dgn itu laju pengembunan akan menjadi jauh lebih cepat......

sehingga seperti yg biasa qta liat,,bgtu dry ice qta mskn ke dalam air....jumlah kabut yg terbentuk akan menjadi jauh lbh byk.........sehingga dpt menjadi semacam asap yg kemudian byk digunakan sbg efek panggung, asap yang dihasilkan tidak dianjurkan spy dihirup

Cara I

  1. Gunakan alat penyemprot tanaman ukuran 5liter (banyak dijual di toko tanaman - nursery home), harga antara Rp 50.000 - 200.000 - tergantung merk. Beli yg sekitar Rp 100.000 sudah cukup.
  2. Lepas slang plastik yg berada di dalam tabung tujuannya agar setelah difungsikan air tidak terdesak keluar.
  3. Ganti slang semprot dengan slang plastik kecil (yg sering digunakan oleh tukang batu utk menyamakan ketinggian tembok). Slang harus di klam (ring klam yg pakai sekrup - ada di toko besi)
  4. Isi tabung dengan 1/2 Kg dry ice (dan isi air sampai dry ice 50% tenggelam.
  5. Tutup rapat tabungnya, uap dry ice akan menyembur dari ujung slang.

Untuk skala besar dan profesional dibutuhkan juga blower agar semburan asap terlihat lebih fantastis.

Note : Cara ini aman, tidak mungkin meledak karena ujung slang selalu terbuka dan ada pentil otomatis yg akan terbuka jika tekanan sudah diambang batas. Disamping itu tiak dilakukan perusakan pada alat semprotnya.

Cara II

Gunakan Dry Ice , masukkan dalam tabung lalu hembuskan dengan kipas angin.Untuk kesan warna , berilah lampu sesuai keinginan. Kalau untuk gunung arahkan paralon keatas dan sorot lampu merah dan jingga....

Air yg digunakan akan LEBIH banyak menghasilkan asap bila menggunakan AIR PANAS. Untuk di panggung, gunakan bantuan kompor listrik / panci pemanas listrik sehingga dapat menghasilkan banyak asap, dengan tidak lupa menambahkan Dry ice nya bila sudah habis / mengecil. jangan lupa pencahayaannya..

www.yahoo.com

2 komentar:

  1. bos..kalo tanpai air, dry ice nya di letakan di piring terus di semprot dng hair dryer panas, asapnya akan keluar ga?
    ditunggu jawabanya.
    trims
    bambang

    BalasHapus

Tentang Saya

Label