28 April 2009

PENGENALAN ILMU KOMPUTER

1. DEFENISI KOMPUTER
Menurut buku Computer Annual (Robert H. Bissmer). Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
Menrima input,
Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
Menyimpan perintah – perintah hasil dari pengolahan,
Menyediakan output dalam bentuk informasi.
Menurut buku Computer Today (Donanld H. Sanders). Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah langkah, instruksi instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Menurut buku Computer Organization ( V.C. Hamacher. Z.G. Vranesic. S.G. Zaky). Komputer adalah suatu penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.
Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori). Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besr atau operasi logka, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Menurut buku Introduction to Computer (Gorodn B. Davis). Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
Dari beberapa defenisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :
Alat elektronik
Dapt menerima input data
Dapat mengolah data
Dapat memberikan informasi
Menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer
Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
Bekerja secara otomatis

2. PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIK
Pengolahan data dengan menggunakan komputer terkenal denagan nama pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan. Data dapat berupa angka – angka, huruf- huruf atau simbol- simbol khusus atau gabungan darinya. Data mentah masih belum bisa bercerita banyak, sehingga perlu diolah lebih lanjut. Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berguna danlebih berarti, berupa suatu informasi.
Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian. Jadi pengolahan data Elektronik (PDE) atau Electronic Data Processing (EDP) adalah manipulasi dari data kedalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
3. SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3 tahapan dasar, yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing cycle) yaitu input, processing, dan output.
Tiga tahap dai siklus pengolahan data tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut. Siklus pengolahan data yang dikembangkan dapat ditambahkan tiga atau lebih tahapan lagi, yaitu origination, storage dan distribution.
Origination. Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
Input. Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).
Processing. Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari storage.
Output. Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device), yaitu berupa informasi.
Distribution. Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
Storage. Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya. Pada gambar, tampak adanya 2 buah anak panah yang berlawanan arah, menunjukkan hasil pengolahan dapat disimpan di storage dan dapat diambil kembali untuk proses pengolahan data selanjutnya.

4. SISTEM KOMPUTER
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system). Sistem adalah jaringan daripada elemen – elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersbut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Supaya tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen – elemen yang mendukungnya. Elemen – elemen dari sistem komputer adalah software, hardware, dan brainware.
Hardware (perangkat keras/ piranti keras) adalah peralatan di sistem komputer yang secara pihak trlihat dan dapat dijamah.
Software (perangkat lunak / piranti lunak) adalah program yang berisi perintah – perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Hardware tanpa adanya software, maka tidak akan berfungsi seperti yang diharapkan, hanya berupa benda mati saja. Software yang akan mengoperasikan hardware-nya. Hardware yang sudah didukung oleh software juga tidak akan berfungsi kalau tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
5. KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah lecpatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat,yaitu dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond, atau picosecond. Komputer yang paling cepat dapat melakukan operasi dalam waktu picosecond
Misalnya manusia dapat menyelesaikan suatu perhitungan pertambahan dalam waktu 1 detik. Bila kecepatan komputrnya adalah picosecond. 1 detik operasi pertambahan yang dilakukan oleh komputer akan diselesaikan oleh manusia dalam waktu triliun detik atau 31709 tahun.
Berdasarkan kecepatannya, komputer dapat diklasifikasikan sebagai komputer mikro (micro computer), komputer mini (mini computer), komputer mainframe (dapat berupa small- sclae mainframe, medium-scale mainfame dan large-scale dan komputer super atau super computer). Umumnya kecepatan komputer mikro diukur dengan satuan MIPS (million instruction per second) dan komputer super dengan satuan kecepatan FLOPS (floating point operations per second).
Komputer mikro sekarang dapat mempunyai kecepatan berkisar dari 8 MHz sampai dengan 500 MHz. Satu megahertz (MHz) menunjukkan kemampuan melakukan kecepatan sebesar satu juta siklus operasi per detik. Jika kecepatan komputer mikro adalah 500 MHz, ini berarti bahwa komputer ini dapat melakukan 500.000.000 (500 juta) siklus operasi per detiknya, atau satu siklus operasi dapat dikerjakan selama 1/500.000.000 detik atau 0,5 nanosecond.
Komputer mainframe dapat mempunyai kecepatan sampai dengan lebih dari 1000 MIPS. Komputer dengan kecepatan 1000 MIPS dapat mengolah sebanyak 1.000.000.000 (1 milyard) instruksi perdetiknya. Komputer mikro yang mempunyai satuan kecepatan MHz dapat dikonversikan ke satuan kecepatan MIPS Umunya satu Instruksi program membutuhkan beberapa siklus operasi. Diumpamakan secara rata-rata, satu instruksi program membutuhkan 20 siklus operasi, maka komputer 500 Mhz dapat dinyatakan mempunyai kecepatan 500 juta siklus operasi per detik / 20 siklus operasi atau sekitar 25 juta operasi prdetik atau 25 MIPS.
Komputer super disebut juga dengan nama parallel processor, karena sebenarnya komputer super merupakan komputer mainframe yang mempunyai banyak processor yang dipasang secara paralel. Dengan demikian komputer super dapat beberapa kali lipat dari kecepatan komputer mainframe, tergantung dari berapa banyak processor yang dipasang secara paralel. Komputer super dapat beroperasi dengan kecepatan lebih dari 100 GLOP. Satu GLOP sama dengan 1 giga (milyard) FLOP.
Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh (mental fatigue), yang akan berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Misalnya saja anda disuruh untuk melakukan perhitungan sebanyak, katakanlah 100000 buah pertambahan, yang akan anda selesaikan dalam waktu satu hari terus menerus tanpa berhenti, maka akan dijamin bahwa anda pasti akan melakukan kesalahan. Sebaliknya, karena komputer tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah, maka komputer tidak akan melakukan kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan bilamana :
Komponenya rusak (mantal fatique).
Data yang dimsukkan salah maka hasilnya akan salah.
Disamping komputer mempunyai kmampuan untuk beroperasi dengan sepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu mempunyai ingtan (memori) yang besar.
Walaupun kayaknya komputer lebih unggul dari manusia, tapi ada beberapa yang tidak bisa menyamai manusia. Manusia mempunyai inisiatip dan dapat beradaptasi terhadap situasi tertentu, sedang komputer tidak dapat melakukan hal tersebut, karena beroperasi secara pasti menurut program yang diberikan keunggulan manusia yang lain adalah manusia mempunyai perasaan untuk membuat pertimbangan dan peramalan, sedang komputer tidak mempunyai perasaan.
Jadi sebenarnya penggunaan komputer tidak seluruhnya menggantikan fungsi kerja dari manusia, tetapi hanya sebagai alat bantu saja. Komputer merupakan perkembangan teknologi yang penting karena meningkatkan kemampuan dari manusia.

6. CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan seseorang dapat menguasai dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil :
Membaca buku – buku komputer.
Mencoba langsung pada suatu komputer.
Menulis suatu program komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Label